BIOGRAFI AGNES MONICA


BIOGRAFI AGNES MONICA


Agnes Monica lahir di jakarta, 1 juli 1986 dari pasangan Ricky Suprapto dan Jenny Siswono. Agnes memiliki satu kakak laki-laki bernama Steve Muljoto. Semenjak agnes menjadi artis dengan kesibukan yang begitu padat, sang kakak terus mendampingi dengan menjadi managernya. Agnes menempuh pendidikan sekolah dasar di SD Tarakanita Jakarta. Agnes mengikuti beberapa kursus semenjak masih duduk di sekolah dasar, seperti kursus menyanyi, piano, dan bahasa ingris. Seusai menyelesaikan pendidikan di sekolah dasar, agnes melanjutkan tudinya di SMP Pelita Harapan Jakarta.
Agnes merupakan murid yang memiliki prestasi yang menonjol di bidang akademik. Hal ini sering membuatnya mendapat banyak beasiswa. Lulus dari SMP Pelita Harapan, Agnes menyelesaikan pendidikannya di sekolah yang masih satu yayasan dengan sekolah menengah pertamanya yaitu SMA Pelita Harapan. Agnes merupakan seorang yang masih peduli dengan pendidikan. Terbukti setelah lulus dari SMA Pelita Harapan,ditengah kesibukannya yang kian padat agnes masih ingin merasakan bangku kuliah dengan mengambil pendidikan hukum di Universita Pelita Harapan (UPH).  Agnes memutuskan untuk mundur dari perkuliahannya di UPH dengan IPK terakhir 3,67. Meski mundur bukan berarti Agnes tak ingin berurusan dengan dunia pendidikan lagi. Tak lama setelahnya, Agnes mengambil program distance education di Oregon States University (USO) jurusan political science. Diawal karirnya, Agnes dikenal sebagai artis cilik. Sebagai penyanyi cilik, dia memiliki tiga album yaitu “Si Meong” (1992), “Yess!” (1995) dan “Bala Bala” (1996). Pada album kedua “Yess!” meraih penghargaan sebagai “album anak-anak terbaik” pada tahun 1999.
Agnes pun memanfaatkan ketenarannya sebagai penyanyi cilik dengan merangkap profesi sebagai presenter acara anak-anak, sebut saja “Tralala-Trilili”, “VAN (video anak anteve)” dan “Dive Romeo”. Ketiga acara tersebut merupakan acaraanak-anak yang dipandu oleh Agnes. Berkat itu, Agnes mendapat penghargaan sebagi pembawa acara anak-anak terfavorit di ajang “Panasonic Awards” selama dua tahun berturut-turut (1999-2000). Sinetron “Lupus Millenia” yang dibintangi Agnes Monica di tahun 1999 menandai terjunnya agnes Monica ke dunia seni peran. Agnes mulai melepaskan bayang-bayangnya sebagai penyanyi cilik ketika menjadi pemeran utaman sinetron “Pernikahan Dini” (2000) bersama Syahrul Gunawan. Perannya di sinetron itu membuatnya menang sebagai aktris terfavorit di “Panasonic Award 2001” dan “Panasonic Award 2002”. Agnes juga menyambet beberapa penghargaan “Panasonic Awards” dan “SCTV Awards” sebagai buah kerja kerasnya berakting di sinetron “Cewekku Jutek” bersama Roger Danuarta, “Bunga Perawan” dan “Cantik” yang dilakoninya sepanjang 2003.
Tahun 2005, Agnes membintangi sejumlah judul sinetron seperti “Ku Tlah Jatuh Cinta”, “Pink” dan “Kawin Muda”. Dia juga smpat berakting di serial taiwan, “The Hospital” (bersama Jerry Yan) dan “Romance In The White House” (Bersama Peter Ho). Menginjak remaja, Agnes aktif merilis album. Mulai dari “And The Storu Goes” (2003), “ Whaddup A’..?!” (2005), Nez (2008), “Sacredly Agneszious” (2009) dan “Agnes Is My Name” (2011). Tanggal 21 november 2010, Agnes mendapat kehormatan sebagai salah satu pembawa acara “American Music Awards 2010” yang di selenggarakan di Nokia Theatre, Log Angeles, Amerika Serikat. Di acara tersebut Agnes Monica juga berkesempatan menampilkan suara emasnya dengan berduet bersama Cristian Chavez. Memasuki tahun 2011, Agnes semakin fokus dengan karir internasinalnya. Ia di kontrak produser berkualitas asal Amerika, Greg Ogan. Tak hanya itu, Agnes juga di daulat menjadi teman duet penyanyi amerika, timbaland. Pelantun lagu “Paralyze” ini menjadi salah satu nominator di ajang bergengsi MTV Europe Awards 2011 dalam kategori Word Wide Act Asia Pacific Nominees. September 2011, Agnes diundang Michael Bolton sebagai pasangan duetnya dalam lagu “Said I Loved You... But I Lied”. Lagu tersebut di ream dalam album bolton berjudul “Gems: The Duets Album” dan di rilis di seluruh kawasan asia. Ia juga merilis video klip untuk lagunya yang berjudul “Rindu” di bulan yang sama.
Pencapaian cermelang Agnes berlanjut di tahun 2012. Akhr Februari 2012, namanya tercatat memenangkan dua kategori dalam ajang Shorty Awards 2012 yaitu The Shorty Awards dan Best Actress. Ia juga menjadi nominator kategori favorit Asian Act pada ajang Nicckelodeon Kids Choice Awards 2012. Saat itu Agnes harus kalah dari pesaingnya Charice, penyanyi asal Filipina. Namun kekalahn tersebut tak berangsur lama. 30 november agnes didapuk sebagai Best Asian Artist pada ajang penghargaan musik terbesar di asia yaitu Mnet Asian Music Awards (MAMA) 2012. Ia juga merilis singlenya “Muda” (le o le o) di bulan yang sama.
Pada tahun 2013 dibuka Agnes dengan kegiatan di luar negri. Ia menghadiri Shorty  Awards sebagai finalis pada 8 april. Agnes juga hadir di premiere “Oblivion”.  Sekembalinya ke tanah air, Agnes meluncurkan merk parfumnya agnes REVE EDP pada 1 Juni 2013. Tak hanya itu, ia juga mengumumkan perilisan album “Agnes Mo” versi digital di saat yang sama. Selang dua bulan, 1 Agustus album terdiri dari 10 lagu bahasa ingrisnya di rilis dalam bentuk CD.
September 2013 Agnes meluncurksn album internasionalnya yang berjudul “Coke Bottle” yang menarik perhatian dunia. Hal ini terbukti dari antusias fans di twitter, #AgnesCokeBottle jadi trending topik dunia. Bahkan album ini menempati posis puncak di Top 50 trending jams of the month di situs Daily New Jams.


Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.